Mengatur Dana Keuangan Keluarga Di Tengah Pandemi Corona Versi Dedi Yudianto

Virua Corona meang sangat dahsyat pengaruhnya di dunia. Semua lini kehidupan terkena dampak negatif dari adanya Covid 19 ini.

mengatur dana keuangan

Mulai dari dunia usaha, dunia dagang, dunia pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga tentu saja ini juga berpengaruh di dalam keuangan keluarga kita.

Sangat penting untuk kita bisa mengatur dana keluarga sebagus mungkin guna menghadapi pandemi yang entah kapan akan berakhir ini.

Ir Dedi Yudianto MBA menyebutkan bahwa sebenarnya ada banyak al yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan di dalam keluarga di tengah Corona.

Ada beberapa tips mengatur dana keuangan keluarga dari Dedi Yudianto untuk Anda.

1. Petakan Kebutuhan Primer Anda

Untuk mengatur keuangan keluarga, mulailah dengan memetakan kebutuhan utama Anda dan keluarga. Jangan sampai kebutuhan keluarga ini terabaikan karena adanya corona. Untk kebutuhan yang tidak perlu-perlu amat, bisa Anda abaikan guna untuk memenuhi kebutuhan utama Anda.

Tentu kebutuhan pangan menjadi sangat penting di sini. Karena bagaimanpun juga semuanya mengalami kesulitan di saat pandemi seperti ini. Setidaknya Anda bisa mengamankan kebutuhan pangan untuk beberapa bulan ke depan.

2. Lindungi dan Bahagiakan Keluarga

Meski di tengah keadaan sulit seperti ini, namun jangan lupa bahagia. Tetap sisihkan sedikit keuangan Anda untuk membahagiakan keluarga Anda. Setidaknya ada dana untuk membuat acara makan - makan kecil di rumah bersama keluarga Anda. Karena bahagia bisa meningkatkan imun Anda dan tentunya akan sangat berguna dalam melawan virus corona yang sangat berbahaya ini.

Namun demikian tetap jangan menyediakan dana terlalu banyak untuk pos ini. Menurut Ir Dedi Yudianto MBA, 2-3 persen dari total keuangan Anda sudah sangat cukup untuk membahagiakan keluarga di tengah keadaan yang serba sulit ini.

3. Jangan Lupa Dana Kesehatan

Dana sehat ini mestinya sudah Anda punyai sejak sekian lama. Jika pun toh ternyata Anda belum mempunyainya, maka mulai saat ini usahakan untuk menyisihkan dana untuk kesehatan keluarga Anda. Apalagi di tengah keadaan seperti ini, Anda akan sangat memerlukan dana kesehatan ini.

Atau Anda juga bisa menyediakan sendiri kebutuhan kesehatan yang sederhana sebagai pertolongan pertama jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Keluarga yang Utama

Ini juga sangat penting, Anda harus mengutamakan keluarga terlebih dahulu dari pada orang lain. Artinya apa, jika memang keluarga Anda masih sangat membutuhkan, jangan sok-sok an ikut berdonasi untuk orang lain. Memang sangat baik memberikan donasi kepada orang lain, namun tentu lebih bijak jika keluarga sudah tercukupi terlebih dahulu.

Jika memang dirasa keuangan keluarga Anda sudah cukup longgar, baru Anda bisa ikut serta berdonasi untuk orang lain. Jangan memaksakan diri, itu akan sangat buruk akibatnya untuk Anda dan keluarga Anda, catat itu.

Ini Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan Ala Dedi Yudianto

Mengatur Dana Keuangan Keluarga Di Tengah Pandemi Corona Versi Dedi Yudianto