Hal Yang Diperhatikan Saat Membeli Dan Membuat Disinfektan Sendiri

Yang banyak orang tahu bahwa cairan disinfektan adalah cairan yang terbuat dari berbagai bahan kimia. Untuk itu saat membeli disinfektan sebaiknya kamu perhatikan beberapa kandungan bahan kimia aktif yang bisa membunuh bakteri yang ada di dalam cairan tersebut.

Membuat Disinfektan Sendiri

Ada terdapat 6 bahan kimia aktif yang terkandung di dalam disinfektan. Bahan kimia tersebut yaitu sodium hypochlorite, quaternary ammonium, hydrogen peroxide, benzalkonium chloride, ethanol alcohol, isopropyl alcohol. Itu semua adalah zat kimia aktif yang bisa membunuh mikroorganisme.

Meskipun begitu hingga sekarang bahan kimia yang spesifik dapat membunuh virus covid 19 dengan efektif masih belum ditemukan. Tetapi sebaiknya kamu perlu memastikan bahwa zat kimia yang ada di kandungan disinfektan yang ingin kamu beli sebaiknya mempunyai zat aktif yang bisa membunuh mikroba.

Bila kamu memiliki keinginan untuk membuat cairan disinfektan sendiri dirumah. Cairan disinfektan bisa kamu buat dengan menggunakan cairan pemutih untuk pakaian yang sudah diencerkan dapat kamu pakai untuk membersihkan permukaan barang yang ingin kamu bersihkan.

Membuat cairan disinfektan bukan hal yang sulit, kamu hanya membutuhkan sebanyak 4 sendok teh cairan pemutih lalu kamu campuran dengan satu liter air.

Sebelum menggunakannya maka simak beberapa hal berikut ini:

  1. Periksa label dan melihat bahwa zat pemutih yang kamu miliki tersebut memang dibuat sebagai cairan disinfektan atau tidak. Serta lihat bahwa produk yang kamu pakai tersebut belum melewati masa kadaluwarsanya.
  2. Dengan cairan pemutih yang belum masuk masa kadaluwarsa bisa efektif untuk membunuh virus jahat jika diencerkan dengan benar.
  3. Sebaiknya ikuti perintah pemakaian yang terdapat pada label produk. Sebaiknya jangan mencoba untuk pencampuran cairan pemutih tersebut dengan zat amonia atau pembersih lain. Sebab hal tersebut bisa menghasilkan cairan kimia yang bisa membahayakan.
  4. Biarkan cairan disinfektan buatan kamu tersebut pada permukaan barang yang kamu bersihkan selama 1 menit.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli serta membuat cairan disinfektan sendiri. Dengan menggunakan cairan disinfektan ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk bisa mencegah penyebaran virus covid-19.

Jika ingin cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus covid-19, bisa menggunakan jasa disinfektan profesional yang menggunakan disinfektan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.